Kartu KIR Kosong Beberapa Bulan, Kendaraan Mengular Menunggu BLUe 


PEKANBARU- Tumpukan kendaraan angkutan barang dan umum terjadi di Jalan HR Subrantas, Senin (4/7/2022) pagi. Kendaraan tampak mengular antri menuju kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Pekanbaru. 

Kepala UPT PKB Dishub Pekanbaru, Zulfahmi mengatakan, tumpukan kendaraan terjadi karena para pemilik kendaraan ingin melakukan uji kendaraan seiring kartu KIR kosong beberapa waktu lalu. 

"Buku KIR baru datang dari kementerian. Jadi mereka secara serentak untuk uji kendaraan. Otomatis ada terjadi peningkatan, ada kemacetan yang ditimbulkan," kata Zulfahmi. 

Menurutnya, sempat terjadi kekosongan buku KIR dalam beberapa bulan terakhir. Selama itu buku KIR digantikan dengan surat keterangan pembayaran retribusi. Namun, kendaraan belum bisa dilakukan uji kendaraan. 

Ia memastikan telah melakukan pengaturan lalulintas di sekitar lokasi. Mereka mengantisipasi kemacetan dan mengatur jumlah kendaraan yang dilakukan uji KIR dalam satu hari. 

"Sudah terurai saat ini. Masyarakat datang semua, mau kita tolak kan tak mungkin, sementara kuota masih ada. Kecuali kuota sudah penuh tentu kita tolak. Baru hari ini terjadi tumpukan kendaraan hingga mengular," terangnya.

Untuk kuota maksimal, pihaknya melayani 120 hingga 150 kendaraan perhari. Jika melebihi jumlah itu, pihaknya meminta pemilik kendaraan untuk datang besok.

"Saat ini ada 25.000 keping BLUe (Bukti Lulus Uji Elektronik) yang tersedia. Baru datang hari Kamis semalam," tandasnya.***


[Ikuti Zonapekan.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar